Rabu, 16 Juni 2010

It's about "man jadda wa jada"

okeh kawan kali ini manda bakal cerita sama buku yang judulnya 5 menara ..

sebentar, kalo dipikir-pikir kenapa sahabat itu terbatas pada 5 orang? Contoh buku 5cm, sahabatannya juga 5 orang , trus buku 5 menara ini juga . Mungkin kalo lebih dari 5 alur cerita bakal bingung pada tokoh2 yang trlalu banyak,dan konflik yg muncul juga bakal terlalu byk . Tapi mennn .. Sahabat2 manda yang lebih dari 5 , disekeliling manda nggak bikin manda bingung dan punya lebih banyak konflik kok *all smile*

balik ke apa yang bakal manda share ,
5 menara ini bercerita ttg para remaja yang menghabiskan waktunya di pondok pesantren gontor . Mereka hobi sekali berkumpul di bawah menara. Alif(menara 3), Raja(menara 2), Said(menara 1), Dulmajid(menara5), Atang (menara 4)dan Baso(menara 6).
Mereka ketika berada di pondok , selalu sharing bersama duduk bersama merangkai mimpi mereka bersama -sama . Mereka senang sekali mengengadah ke atas melihat langit sore diatas merana dan mengungkapkan mimpi-mimpi gila mereka :Arab Saudi, Mesir, Eropa, Amerika dan Indonesia. Semua adalah murid di gontor yang punya kecerdasan ygn bertingkat-tingkat satu sama lain . Mereka saling membantu ketika temannya tidak pandai dalam satu pelajaran . Pengalaman2 yang mereka alami bersama membuat mereka harus memilih . Baso akhirnya memilih untuk meninggalkan pondok dan memilih pulang untuk merawat neneknya yang sakit2an serta menjadi guru di desanya sambil menghafalkan Al-qur'an.

akhirnya menara itu kini tinggal 5 serasa ada gigi yang tanggal ketika baso harus pergi.
Tapi disinilah mereka berlima harus menghadapi ujian kelulusan . Mereka semua lulus dgn nilai yang cukup memuaskan .
Lalu mereka semua pun berpisah dan berjanji akan bertemu lagi 'nanti'. Hari itupun tiba akhirnya mereka bertemu kembali di jantung kota london.

dimana man jadda wajada nya nda?
Di perjalanan mereka ketika berada di dalam pondok, prestasi prestasinya yang mungkin mereka tak pernah sangka mencapinya dan mereka yakin man jadda wajada *sori nih daritadi gue baca gue nggak tau apa tuh artinya ?*
man jadda wajada = siapa yang bersunnguh2 maka ia kan sukses-->dalam bahasa yg sederhana .
Beberapa kutipan yg manda ambil dari buku ini :
# melihat yang bukan muhrim bisa menghilangkan hafalan Alqur'anku (baso dgn suara rendah)
#justru karena ini hal kecil. Jangan sampi dia meremehkan suatu hal, sekecil apapun . Semuanya pilihan hidupnya ada konsekuensi (amak )
#apa yang kami lihat, kami dengar, kami rasakan, kami baca, adalah pendidikan (kiai Rais)
#do you know what are you stupid ? Because you forget alhadits and qur'an(alif)


manda nggak rekomendasiin buat dibaca kok. Byk yang syubhat didalamnya dan satu dua hal yang malah sekarang lagi coba buat manda jauhin . Tapi ko yang udah ngerti baca juga gk papa .. :))

selesai baca ini gue selalu bilang : gue mimpi kemana ya ? *senyap*

6 komentar:

  1. untung aye blum baca.....

    nanti jadi kebanyakn mimpi..hhe

    BalasHapus
  2. kita jadi kaya 5 orang tu yu,, manda,,hehhee
    *ngarep* ^0^

    BalasHapus
  3. Adithgeek : nggak baca juga udah byk kan kak mimpinya ..

    Septia : kita bukan mereka , kita iin kisah kita snediri aja wi .. Kisah kasik untuk masa depan :)

    BalasHapus
  4. uhm,, gk banyak mimpi saya...

    mimpi saya sederhana

    BalasHapus
  5. Sesuatu yang sederhana bukannya hasil dari yang kompleks ya ? Hehe #ngeles

    BalasHapus
  6. tw dah yang jago fismat 1a,,hahai,,

    BalasHapus