Senin, 06 Juli 2015

Lahir di Bulan Ramadhan

Ketika berbicara soal Ramadhan, maka terlalu banyak pilihan cerita yang harus aku ceritakan.
Bukankah semua sepakat bahwa terlalu banyak cinta ketika ramadhan, ketika pahala disajikan berlipat-lipat dibanding bulan lainnya.
Ketika berbuat amal sholeh dipermudah karena gembongnya syaiton diikat sekaligus Alloh sediakan balasan yang begitu banyak.
Alloh memang Ar-rohim ... Bukan terlalu penyayang tapi Maha penyayang.
Kalian tahu bahwa kata "terlalu" jauh amat kecil dibandingkan "Maha".

Salah Satu kenapa Ramadhan spesial adalah Aku lahir di bulan ini. hehe.
Iya,kata Ibu, aku lahir di bulan ramadhan. Nama Amanda diambil dari kata Ramadhan.
Darimananya ? Ramadan ->Ramanda -> Amanda . begitu katanya nama aku bertransformasi. (maaf kalau maksa)
Tidak ada hadits ataupun ayat qur'an yang menyebutkan bahwa anak yang lahir di bulan Ramadhan akan menjadi anak yang sholih ataupun sholihah. Tapi, Aku  selalu merasa tersanjung mengingat bagaimana perasaan Ibu kala itu, bagaimana dadanya dikaruinai kebahagiaan yang melimpah, Ramadhan saja sudah spesial ditambah lagi kelahiran putri pertamanya. Dadaku bergemuruh membayangkan bagaimana do'a-do'a kebaikan untukku mengalir dari mulut ibu di bulan yang banyak waktunya termasuk waktu-waktu mustajab berdo'a.
"Barangsiapa yang dikaruniai kebaikan maka Alloh-lah yang memnberinya, dan barang siapa yang dijaga dari kejelekan maka Alloh-lah yang menjaganya"
Ah, mungkin Alloh yang memang menjaga, secara random aku udah pake jilbab aja dari lima sd, dari situ kalo diingat banyak kebaikan yang Alloh kasih dan kejelekan yang Alloh jaga dariku.

Selain aku yang lahir dibulan ini, ada lagi hal yang cukup membanggakan lahir dibulan ini. tepatnya tahun 2012 lalu, gelar S1 pun lahir hehe. Sarjana Sains. Perjuangan banget emang kalau diingat tentang gelar ini. Kalo diinget kayaknya nggak mau lagi deh bikin skripsi. iyalah kan udah lulus. tekanannya itu loh. Dibulan ramadhan tahun 2012 ada hal yang tidak berhenti aku minta di setiap sahur, sujud, antara adzan dan iqomah, buka puasa, dan banyak waktu mustajab lain : Semoga bisa lulus tahun ini. beneran. do'a itu ngubah yang tadinya nggak bisa sidang jadi bisa sidang. karena emang udah hopeless. nggak minta lagi ke dospem atau lain lain tapi langsung sama Alloh, eh alhamdulillah dikabulin. Berharap tuh emang cuma sama Alloh aja sih yang nggak bikin kecewa. Ramadhan tahun ini bertepatan sama pengumuman atau ujian masuk kampus atau sekolah juga kan ya, pasti pada makin afdhol nih berdo'anya. ayo yang pada berharap masuk kampus/sekolah manapun, banyak banyak berdo'a ya.

Nah, Alloh aja nggak bakal ngecewain kita kalo kita bener berharap sama Alloh masa kita hamba-Nya nggak mau taat sama perintah Alloh. Misal puasa, Ramadhan berarti tentang salah satu rukun islam: Puasa.

edit with piclab & font studio
Surat cinta dari Alloh ini udah jelas banget buat dibaca. Semoga niat berpuasa kita benar karena Alloh. emang ada karena yang lain ? bisa aja ya karena yang lain puasa ya kita ikut aja. bisa karena pengen kurus. bisa karena emang ndak punya uang buat makan. Puasa ini Alloh langsung loh yang akan nilai ibarat skripsi yang tadi udah kita bikin mati-matian itu diuji langsung sama Dosen. Kalo skripsi, lulus dapet gelat sarjana sedangkan puasa tujuannya biar kita jadi hamba yang bertakwa. Kalo Sarjana adalah gelar yang kita dapet setelah menempuh ratusan sks tapi takwa sendiri ndak ada gelarnya. Emang apa sih Takwa ? Takwa dijelaskan dengan indah oleh Thalq Bin Habib Al’Anazi dalam Siyar A’lamin Nubala, 8/175
“Taqwa adalah mengamalkan ketaatan kepada Allah dengan cahaya Allah (dalil), mengharap ampunan Allah, meninggalkan maksiat dengan cahaya Allah (dalil), dan takut terhadap adzab Allah”
Jadi, puasa itu supaya kita jadi orang bertakwa. Yang nantinya kita bakal taat sama Alloh karena emang itu perintahNya yang kalo kita ninggalin maksiat juga karena Alloh. melting ndak sih bacanya~ .

Pada akhirnya, kita kembali butuh bantuan Alloh buat ngelaksanain perintahNya. Siapa yang nggak berharap lulus dari puasa di bulan Ramadhan? Semoga Ramadhan ini, kita lahir .... sebagai manusia yang bertakwa. aamiiin