Selasa, 30 November 2010

Penjual narkoba saja butuh orang jujur!

Kalo ditanya : pengen nggak sih membahagiakan orang tua?

setuju dong kalo jawabannya pasti IYA !
Se 'enggak' nya pengen nggak terlalu nyusahin lah

dengan otak gue yang pas"an ini , gue juga rada worried ama kuliah gue. Gue ngerasa cemen aja ama semua pengetahuan yg dimiliki temen" sekelas gue. Jadi buat jaga-jaga kalo gue nanti cuma jadi 'lulusan' cemen, :DDD makanya gue pengen nambah pengetahuan lah sedikit ..
makanya gue pengen merambah ke dunia bisnis (baca: dagang) ..

nah, dibawah ini gue bakal share ke kalian beberapa prinsip tentang dagang dari novel karya abu umar basyir meniti di atas kabut hal 28 ...
Inget kan postingan tentang review book nya? Ini yang ngasih tips bapaknya Abbas;tokoh cenral di nih buku. Check this out
***************************************************************************
Pertama, prinsip kedisiplinan.
"untuk bisa berhasil di dunia dagang, kita harus mengenal disiplin dan membiasakannya dalam kehidupan kita ... "

bapakku kerap menyontohkan dengan hal-hal mudah yang dapat kukenali dalam kehidupan keseharianku.

"untuk dikenal sebagai tetangga yang baik, kamu harus terlebih dahulu dikenal sebagai tetangga. Dikenal ,artinya kamu harus berinteraksi, bergaul, dan mengenal para tetangga kamu. Semakin banyak yang kamu kenal, semakin pula kamu dikenal oleh banyak mereka. Inilah kedisiplinan sederhana, dalam hubungan interaksi."

menarik sekali.

"kamu harus sering terlihat oleh mereka, dan itu butuh kedisiplinan. Semakin kamu jarang terlihat, semakin kamu tak dikenal sebagai tetangga. Dikenal saja tidak, apalagi dipandang baik. Berdagang juga seperti itu. Kalau tak mampu menjaga disiplin dalam waktu, konsistensi pelayanan yang baik dan menjaga kualitas barang, siap-siap saja gulung tikar. Persaingan di dunia dagang itu hebat luar biasa anakku ...."

kedua, kejujuran.

"penjual barang haram seperti narkoba saja membutuhkan orang jujur untuk membeli atau mengedarkan barang-barangnya. Kejujuran itu syarat mutlak dalam dagang ..."

"pembeli yang kamu bohongi, akan mengiklankan kebohonganmu kepada banyak orang. Begitu juga sebaliknya. Kejujuranmu akan diiklankan secara gratis oleh pelanggan yang merasa nyaman dan diuntungkan..."

"kamu bisa mendapatkan barang dengan harga jauh lebih murah, atau bahkan dengan pembayaran tertunda dalam waktu lama, hanya dengan modal kejujuran. Tapi,jangan terbuai oleh hutang. Ambil saja kesempatan membeli barang dengan harga semurah mungkin. Karena keuntungan sesungguhnya adalah selisih saat membeli , bukan selisih saat menjualnya..."

luar biasa.

ketiga, berbuat baik kepada orang lain

" ini prinsip yang rumit. Kebanyakan pedagang bersikap pelit dengan alasan ingin untung besar. Itu keliru. Dengan sedikit menurunkan harga, atau memberi harga tinggi dengan jaminan kepuasan pelanggan akan datang berduyun-duyun..."
"dalam bahasa dagang, kata 'memberi' itu bisa berarti promosi.."

keempat, kerja keras

bapakku tidak peduli dengan kampanye motivasi yang banyak tersebar dimana-mana, lebih baik bekerja cerdas daripada bekerja keras. Orang yang bekerja cerdas tanpa bekerja keras adalah para pelamun, para pengkhayal yang ingin senang tanpa ada banyak usaha. Itu prinsip bapakku semenjak dahulu.

"apa kalau sudah memiliki kemampuan bekerja cerdas seseorang tak perlu bekerja keras? Nonsen. Orang yang berjualan saham juga bekerja keras setiap waktu di depan komputer dan internet. Bos-bos perusahaan besar dunia juga nyaris kekurangan waktu untuk mengurus bisnis-bisnis raksasa mereka. Modal utama seorang pebisnis adalah kemampuan bekerja keras. Hal-hal itu sebagai tambahan saja ..!

kelima, memaafkan

"di dunia usaha, kita harus mudah memaafkan orang. Jangan setiap kritikan kita anggap sebagai bukti permusuhan. Sebaik apapun pelayanan kita, selalu saja ada yang tidak menyukainya. Sebagus apapun barang yang kita jual, pasti ada yang mencelanya. Kita harus memandang setiap partner dagang dan para pelanggan kita sebagai sahabat. Untuk itu, kita harus memiliki lebih banyak stok 'maaf' dalam diri kita .."

ternyata, tak hanya dalam kehidupan keseharian, dalam berdagang kita juga perlu menjadi pemaaf. Rupanya, semakin banyak orang yang berperilaku aneh, semakin kita perlu bersahabat dengan mereka. Wajar, bila pedagang yang baik itu diganjar setumpuk pahala dalam ajaran agama kita.

keenam, terus belajar.

kata bapakku, pedagang yang tak mau belajar dari kesalahannya, atau dari kesalahan orang lain adalah pedagang yang hanya ingin berjualan sementara saja. Apalagi, banyak hal yang harus terus dipelajari dalam dunia dagang. Tanpa mau belajar dan belajar, kta tidak akan mungkn bisa mengikuti perkembangan dunia bisnis yang kan hari tak menentu.

masih kata bapakku, antara satu jenis bisnis dengan bisnis yang lain, sering ada keterkaitan yang harus kita pahami. Harga satu barang, kerap ditentukan oleh barang yang lain. Bila kita membuka sebuah usaha yang terkait dengan usaha lain yang sudah kita punya, berarti kita telah merangkai usaha yang akan kita mudah kenali seluk beluk dan dinamianya setiap saat. Seperti berjualan bahan kain dan usaha konfeksi pakaian jadi .."

" orang sekarang sering menyebut kata inovasi, kreativitas dan sejenisnya dalam dunia bisnis, yang pada hakikatnya adalah hal-hal yang muncul dari keinginan belajar.."

***************************************************************************
SAYA JUALAN WARDAH LOH
beli dong

Jumat, 19 November 2010

Jadilah Mobil

Setelah terbang ke masa depan ..
Gimana kalau kita puter arah 180 derajat ..
Menuju masa lalu ?
ada yang bilang : kita itu gk perlu nengok terlalu dalam untuk ngeliat ke belakang ,kita tinggal gunain spion aja ?!

sekarang yang bakal kita lakuin adalah terbang jauh ke masa lalu ..

bismillah.. [pencet enter] ingget gk film apa? Lorong waktu yap .. Lorong waktu hehe ..

*cukup gilanya ..

Sebenernya gue sendiri nggak ngerti apa yang dimaksud dengan kaca spion ini?
Ada yang mau jelasin ?!
Spion dalam kehidupan kita itu apa deh?
Knapa ya sering banget analogi kehidupan itu pake kendaraan ..
Spion lah roda lah ,

"roda itu berputar .. Kadang diatas kadang dibawah pak? " gue pernah bilang gitu ke bapak gue .. What he say?? "Jadi mobilnya lah jangan jadi rodanya?!"


apakah gue harus berubah jadi mobil? Trus klo gue gk punya spion, gw mau ngapain?
Belakangan gue coba tebak : biarin aja roda tetap berputar saat kita di bawah saat kita diatas .. Satu yang pasti hidup ini tetap berjalan bagai tuh mobil, maksudnya kita jadi mobilnya? Saat kita tetep diatas maupun di bawah yah jadilah kita yang tetap 'seperti itu' . Seperti manusia yang memang pada tujuan awal diciptakan beribadah padaNya ..

intinya, sekarang gue mau ngomongin masa lalu ya ..
Entah itu berarti ngeliat ke kaca spion or anything else ..

*nostalgia dikit ttg gue .. Kalo bicara ttg gueh..iyah guehh.. [beberapa org langsung nutup tab blog ini , enggak deng cuma ganti alamat URLnya ..hhee..kalo lo slah satunya! Lo bakal bakal gk tau ttg gue!]

jadi dulu pas umur 4 tahun manda temenannya ama anak yang umurnya 1 tahun lbih tua .. Jadilah ketika mereka masuk sd umur 5 tahun [tahun95 5 thun udah boleh masuk sd, tpi skarang kenapa minimal 7 tahun?! Ada apa ini! ] , sedangkan gue sebagai anak culun yg mengikuti kemana saja temannya pergi gue pun masuk sd umur 4 tahun !

elo pada ngerasa gue hebat kan? *cerita belom selesai fren :D

nah disitulah gue ngerasa dengan bangga bisa sekolah, eh enggak deng .. Gue gk inget perasaan gue!

*guedankelas1sd
pas disuruh nulis gue gk bisa,
disuruh nyebutin alfabet, gue juga gk apal,
pas disuruh nyanyi&nari , wah ..

apa yang terjadi ..?

kgk kejadian apa-apa orang kagak pernah disuruh bgitu sih :P

once upon time, gue disuruh nulis dan tangan gue dicubit aja gitu sama bu gurunya soalnya gue gk bisa nulis,, ini kesalahan fatal seorang guru ,yaitu menyakiti muridnya ..

pikiran gue saat itu adalah "..."

n saat menelusuri jalan pulang yang gue aja gk inget kayak apa ,,
dengan unyu polosnya gue lapor ama ibu: " bu, tadi yayas di cubit ama bu guru, yayas mau tk aja "

yeah , masuklah gue ke TK ..

*lanjut ke maskud posting kali ini :D

sebenernya dengan ingat" apa aja yang terjadi sama kita dulu ? Berteman dengan siapa kita dulu? Kejadian" magic yang gk punya daya magis sama sekali yang terjadi di hidup kita .. Behhhh ...

lo akan sering" bersyukur ama Alloh subhanallohu wa ta'ala ..

kenapa? Karena ..
Perjalanan panjang dari umur gue 1 hari , mpe sekarang 19 tahun 224 hari itu , karena sampai detik inilah takdirNya gue punya keluarga yang kayak begini, walaupun orang orang nggak nganggep gue hebat , tapi dimata mereka , gue pernah jadi anugerah terindah yang hadir dalam hidup mereka ..

sepanjang lebar ini ,

intinya gue pingin bersyukur dengan apa yang gue punya sekarang .. Minimal dari tk itu, gue bersyukur punya ibu & bapak yang support gue , coba aja kalo gue gk didukung , pokoknya laras harus sd ! Haruus !
Gue gk tau kayak apa gue sekarang?

One thing I ask you..
Did you remember when you're praying for your parents?

Jumat, 12 November 2010

'sesuatu' yang selalu kita deny keberadaannnya

apakah itu ? gue ? jelas bukan kalian inget gue semua kan ? hhe

okeh .. ter inspirasi dari postingannyadika & postingankambing ...

Udah di baca link- nya ?
Atau pernah baca buku radikus makankakus yang pas tentang arti hidup ?

Maaf" saya bukan penggemar radityadika , gue seneng sama siapa aja yang tulisannya bagus , yang membuat gue tersenyum , mengangguk, menggaruk atau malah tertidur pulas ..

mmmm ......... masihkah besok pagi menghirup oksigen dengan bebas lagi ,?masihkah ? kalau masih ? bagaimana dengan hari esok dan esoknya lagi ??

Dari postingan" nya dika aja kita bisa tahu ..
Orang" sadar kok bakal mati (kasarnya begitu)

tapi ketika kita sengaja berbuat curang,
melanggar aturan , sengaja lain-lainnya ..
Seakan amnesia ama apa yang udah kita sadari sejak awal.

"udah deh nggak usah ngomongin mati , takut gue ?"

sekencang apapun kita berlari menjauhi kematian, tapi kematian gk akan luput dari kita .


“ Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya
pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa
dijauhkan dari Neraka dan dimasukkan ke dalam Surga maka
sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain
hanyalah kesenangan yang memperdayakan. ” (QS. ‘Ali Imran:
185)

Nggak kebayang bagaimana orang-orang yang kita sayang di dunia ini , ninggalin atau kita tinggalin ..

Ini poinnya ..

Kita jangan terlalu sayang /cinta sama apa yang ada di bumi ini,di sekeliling kita .. Karena kita semua bakal pergi.. Ninggalin semuanya , meninggalkan kesenangan yang memperdayakan ini ..



Lalu gimana kondisi kehidupan kita setelah kematian ??

Check this one http://bit.ly/9bqB6t

Rabu, 03 November 2010

Kepada bapak dosen*

Jadi menanggapai fenomena yang terjadi di kampus gueh ..

gue cm mau memaparkan Kerugian-kerugian mahasiswa ketika dosen tidak datang ..

1. Ongkos, ketika hanya ada mata kuliah bapak saja hari itu maka kami minimal mengeluarkan ongkos 8ribu s.d 20 ribu hanya untuk mencapai tempat kami menimba ilmu ini. Efeknya ketika bapak tidak datang . Senyuman memaksa tercokol di wajah hingga pulang.

*ini ada yg beneran curhat ama gue tjoy .. Dosen tak mau tahu , dosena tak mau mengerti ..

2. Makan siang, ketika kuliah bapak terletak disiang hari dan kami kuliah di pagi hari, kami biasa makan siang di kantin, kami tahu ibu kami memasak dengan segala macam lauknya dirumah :9 , tp kami tdk dapat membawanya, karena masakan belum siap ketika kami berangkat kuliah, efeknya ketika bapak sms selesai kami makan siang adalah kenyang bercampur dongkol di perut

baiklah kami (harus) memaafkan dosen,

tapi bayangkan ketika itu terjadi 1 kali lalu kalikan dengan 30 mahasiswa kalikan dengan ongkos yang terbuang percuma ..

kalikan lagi dengan beberapa hari dosen tsb melakukan hal tersebut

kalikan lagi dengan jumlah dosen yang suka begitu

mungkin dapat digunakan untuk mengeprint tugas, membeli buku setidaknya beramal

coba sekarang di balik , klo mahasiswa ndak hadir , trus dosen rugi nggak ? Nggak kan ?! Ya jelas ndak lah ..

jadi mikir , kelak kalau aku punya jabatan ,kesalahan yang aku buat, aku (inginnya) nggak merugikan orang lain,

mm ..

oya jadi inget, orang" yang kerja di bmkg ttg tsunami wasior , status potensi tsunaminya dicabut ..

itu kesalahan kan ya ?
Ngerugiin orang banyak gk ? Uuh banyak bgt ...
Tapi mereka melakukannya udah sesuai prosedur , pasti ndak enak banget kalo disalah"in padahal udah ngejalanin sesuatu sesuai prosedur ..

jadi mikir,
kelakmulai saat ini, gue bakal belajar nerima kondisi orang .. Belajar memaafkan ..

apa?! lo mau bilang Kalo nyelesein masalah dengan cara minta maaf buat apa ada penjara ?!

itulah bedanya kita , kita ya .. Bukan gue ..
Kenapa? Karena cuma yang hatinya kesatria yang mau maafin .. Gue yakin kok, kita itu kesatria .. :)
*gayaa ..

indahnya hidup kalo saling maafin dan nggak ngerugiin satu sama lain ..


bisa gk ya kayak gitu ? Mulai dari sekarang ..