Langsung ke konten utama

Penjual narkoba saja butuh orang jujur!

Kalo ditanya : pengen nggak sih membahagiakan orang tua?

setuju dong kalo jawabannya pasti IYA !
Se 'enggak' nya pengen nggak terlalu nyusahin lah

dengan otak gue yang pas"an ini , gue juga rada worried ama kuliah gue. Gue ngerasa cemen aja ama semua pengetahuan yg dimiliki temen" sekelas gue. Jadi buat jaga-jaga kalo gue nanti cuma jadi 'lulusan' cemen, :DDD makanya gue pengen nambah pengetahuan lah sedikit ..
makanya gue pengen merambah ke dunia bisnis (baca: dagang) ..

nah, dibawah ini gue bakal share ke kalian beberapa prinsip tentang dagang dari novel karya abu umar basyir meniti di atas kabut hal 28 ...
Inget kan postingan tentang review book nya? Ini yang ngasih tips bapaknya Abbas;tokoh cenral di nih buku. Check this out
***************************************************************************
Pertama, prinsip kedisiplinan.
"untuk bisa berhasil di dunia dagang, kita harus mengenal disiplin dan membiasakannya dalam kehidupan kita ... "

bapakku kerap menyontohkan dengan hal-hal mudah yang dapat kukenali dalam kehidupan keseharianku.

"untuk dikenal sebagai tetangga yang baik, kamu harus terlebih dahulu dikenal sebagai tetangga. Dikenal ,artinya kamu harus berinteraksi, bergaul, dan mengenal para tetangga kamu. Semakin banyak yang kamu kenal, semakin pula kamu dikenal oleh banyak mereka. Inilah kedisiplinan sederhana, dalam hubungan interaksi."

menarik sekali.

"kamu harus sering terlihat oleh mereka, dan itu butuh kedisiplinan. Semakin kamu jarang terlihat, semakin kamu tak dikenal sebagai tetangga. Dikenal saja tidak, apalagi dipandang baik. Berdagang juga seperti itu. Kalau tak mampu menjaga disiplin dalam waktu, konsistensi pelayanan yang baik dan menjaga kualitas barang, siap-siap saja gulung tikar. Persaingan di dunia dagang itu hebat luar biasa anakku ...."

kedua, kejujuran.

"penjual barang haram seperti narkoba saja membutuhkan orang jujur untuk membeli atau mengedarkan barang-barangnya. Kejujuran itu syarat mutlak dalam dagang ..."

"pembeli yang kamu bohongi, akan mengiklankan kebohonganmu kepada banyak orang. Begitu juga sebaliknya. Kejujuranmu akan diiklankan secara gratis oleh pelanggan yang merasa nyaman dan diuntungkan..."

"kamu bisa mendapatkan barang dengan harga jauh lebih murah, atau bahkan dengan pembayaran tertunda dalam waktu lama, hanya dengan modal kejujuran. Tapi,jangan terbuai oleh hutang. Ambil saja kesempatan membeli barang dengan harga semurah mungkin. Karena keuntungan sesungguhnya adalah selisih saat membeli , bukan selisih saat menjualnya..."

luar biasa.

ketiga, berbuat baik kepada orang lain

" ini prinsip yang rumit. Kebanyakan pedagang bersikap pelit dengan alasan ingin untung besar. Itu keliru. Dengan sedikit menurunkan harga, atau memberi harga tinggi dengan jaminan kepuasan pelanggan akan datang berduyun-duyun..."
"dalam bahasa dagang, kata 'memberi' itu bisa berarti promosi.."

keempat, kerja keras

bapakku tidak peduli dengan kampanye motivasi yang banyak tersebar dimana-mana, lebih baik bekerja cerdas daripada bekerja keras. Orang yang bekerja cerdas tanpa bekerja keras adalah para pelamun, para pengkhayal yang ingin senang tanpa ada banyak usaha. Itu prinsip bapakku semenjak dahulu.

"apa kalau sudah memiliki kemampuan bekerja cerdas seseorang tak perlu bekerja keras? Nonsen. Orang yang berjualan saham juga bekerja keras setiap waktu di depan komputer dan internet. Bos-bos perusahaan besar dunia juga nyaris kekurangan waktu untuk mengurus bisnis-bisnis raksasa mereka. Modal utama seorang pebisnis adalah kemampuan bekerja keras. Hal-hal itu sebagai tambahan saja ..!

kelima, memaafkan

"di dunia usaha, kita harus mudah memaafkan orang. Jangan setiap kritikan kita anggap sebagai bukti permusuhan. Sebaik apapun pelayanan kita, selalu saja ada yang tidak menyukainya. Sebagus apapun barang yang kita jual, pasti ada yang mencelanya. Kita harus memandang setiap partner dagang dan para pelanggan kita sebagai sahabat. Untuk itu, kita harus memiliki lebih banyak stok 'maaf' dalam diri kita .."

ternyata, tak hanya dalam kehidupan keseharian, dalam berdagang kita juga perlu menjadi pemaaf. Rupanya, semakin banyak orang yang berperilaku aneh, semakin kita perlu bersahabat dengan mereka. Wajar, bila pedagang yang baik itu diganjar setumpuk pahala dalam ajaran agama kita.

keenam, terus belajar.

kata bapakku, pedagang yang tak mau belajar dari kesalahannya, atau dari kesalahan orang lain adalah pedagang yang hanya ingin berjualan sementara saja. Apalagi, banyak hal yang harus terus dipelajari dalam dunia dagang. Tanpa mau belajar dan belajar, kta tidak akan mungkn bisa mengikuti perkembangan dunia bisnis yang kan hari tak menentu.

masih kata bapakku, antara satu jenis bisnis dengan bisnis yang lain, sering ada keterkaitan yang harus kita pahami. Harga satu barang, kerap ditentukan oleh barang yang lain. Bila kita membuka sebuah usaha yang terkait dengan usaha lain yang sudah kita punya, berarti kita telah merangkai usaha yang akan kita mudah kenali seluk beluk dan dinamianya setiap saat. Seperti berjualan bahan kain dan usaha konfeksi pakaian jadi .."

" orang sekarang sering menyebut kata inovasi, kreativitas dan sejenisnya dalam dunia bisnis, yang pada hakikatnya adalah hal-hal yang muncul dari keinginan belajar.."

***************************************************************************
SAYA JUALAN WARDAH LOH
beli dong

Komentar

  1. ok awal bisnis yg baik yas... he he.
    dagang dari yg kecil2 dulu ya klo Allah menghendaki rezeki tidak kmn kn... jiwa dagang juga in my blood he he. pengen nerusin usaha bokap q yg dulu bangkrut tp dlm hal yg beda. tp study is no. 1 ya yas...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review book : selimut mimpi

dicopy dari grahabuku.com ah disaat ide gue tuli seperti sekarang ini, rasanya sulit banget buat nge review ap yang udah gue baca walaupun cuma novel ... tapi yaudahlah gue coba .. selimut mimpi ini karyanya Abu Umar basyier... manda juga bingung ini itu buku Beliau yang keberapa :D jadi di buku ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama latifah, yang harus rela jadi TKW karena tuntutan ekonomi keluarga Latifah ini memiliki ibu dan bapak yang sakit-sakitan serta 3 orang adik , dua laki-laki dan satu perempuan. yap , benar sekali latifah adalah anak pertama . anak pertama ... bisa dibayangkan bagaimana tanggung jawabnya? jadi selama jadi TKW si latifah ini , sambil ikut kajian disana ... disinilah cerita di mulai ... hal - hal yang biasa dia lakukan bersama keluarganya di kampung , ternyata (setelah dia dapet ilmunya) adalah perbuatan yang sangat Alloh benci yaitu syirik[1] maka dengan ilmu yang ia ketahui dengan menjadi TKW selama 2 tahun di saudi arabia , l

project ,-

projectnya udah di kumpul di ruang A2 kemaren selasa 8 juni 2010 . nih projectnya :-------------> setelah hampir sebulan ini dan sekarang belum patungan juga lagi hehe ... jadi kadang kadang pas lagi beli apa pake uang sapa dulu gitu kalo nggak ipi ya manda ya ulan . catetan ada di manda sudah ditulis tinggal dilunasi :) hehe kita lega akhirnya udahan . jadi mikrin 2 taun kedepan gimana ya kalo skripsi *kebayang-bayang film 3 idiots, persahabatan mereka itu loh * repotnya , susahnya , punya temen2 kuliah yang super baik kayak ipi, ulan, dwi , linda , da temen 2 fisika di kelas lainnnya . juga kakak tingkat yang baik baik . penjaga lab nya juga baik hihi..  sampe tukang parkir di unj juga baik klo manda susah ngeluarin motor pasti dibantuin *yaeyalah pan emg tugas die tong!* manda jadi ter inspirasi nih buat baik ama adik tingkat sayangnya manda nggak ada yang kenal . gue pengen aja gitu bisa bantuin mereka , sayangnya gue nggak masuk bem dan bisa berkomunikasi ma mer

bikin cerita yang ada klimaknya

suatu harii .. waktu itu gue telat masuk kelas dan nggak ada bangku kosong dan tiba-tiba aja dia cowok yang pernah masih gue suka "nih nda .. " _dia_ langsung  diri dari bangku &  ngegeser bangku yang dia dudukin .. gue yang  masih di depan,dan  dia berada di belakang dan pada saat gue menuju ke belakang yang beda satu gang ama dia , jadinya dia ngoper ke temen yg deket ke arah gue waktu itu .. nah pada saat itu ada temen gue juga telat , dia nggak dapet tmpat duduk juga tiba-tiba aja bangku yang dioper ama orang yang gue pernah suka itu kan di tgn orang lain ya sekarang , dengan sangat menabjukkan orang lain itu malah ngasih ke temen gue yg telat barusan tersebut karena orang lain itu 'deket'nya ama temen gue yang telat itu .. ngerti nggak ? akhirnya gue nggak nerima bangku dari dia .. gue duduk di meja , jadi bingung klo inget cerita ini, seneng karena sikap sigap dia yang ngasih gue bangku dan sebel ama orang yang ngambill hak gue dari die .. hu