Langsung ke konten utama

It's not enough just 'Man Jadda wajada' ?!

inget postingan manda tentang review buku negeri 5 menara yang ditulis oleh a. Fuadi?

ternyata eh ternyata buku ini tuh trilogi , pertama negeri 5 menara , kedua ranah 3 warna dan yang terakhir ..1..
Semuanya Ganjil:)

iyap, semenjak lulus dari pondok menara (PM), alif kembali ke kampung dan berniat melanjutkan kuliah di itb, ia yang memang tidak belajar pelajaran seperti di sekolah umum, selalu di ejek dan kecilkan o/ teman"nya di kampuang ..

di maninjau , bahasanya lucu ya , aden, waang , pengen nanya langsung deh ama org padang gimana 'bunyinya' tuh kata ..

akhirnya alif menghabiskan waktu belajar yg hanya 2 bulan untuk dapat mengikuti tes umptn , dgn byk pertimbangan ia memilih HI unpad, yeah .. Alif pun masuk HI unpad ,

disini perjalanan dimulai ..
Di bandung, ia se kos dengan randai (sahabat dari sma alif)
alif ingin sekali jadi penulis, dan ada bernama bang Togar(jadi inget kau,aku &kota kitanya tereliye :D) yang killer, galak,keras tapi sangat berbakat dalam menulis, Alif pun bertekad minta diajari o/ nya , dengan gaya khas bang togar , maka alif harus banyak" bersabar atas perlakuan yang keras ini, sampai akhirnya tulisan alif berhasil ditampilkan di koran.

sampai akhirnya ayahnya alif meninggal dan alif pun tidak tega meninggalkan amak dan kedua adiknya sendirian , tapi ia harus tetap melanjutkan kuliah, begitu pesan ayahnya ,
akhirnya ia tetap berkuliah dan mencari uang sendiri di bandung dengan cara menulis" di koran dan juga berjualan ini itu,
dan ia juga memanfaatkan beasiswa , ia mengajukan beasiswa kemana-mana

disinilah .. Dimana "Man Shabara Zafira" dimana setiap langkah alif merasa harus banyak bersabar atas rintangan yang ia dapati u/ melanjtkan hidupnya, melanjutkan kuliahnya , mewujudkan mimpinya dulu di Pondok Menara, alif mewujudkan mimpinya untuk bisa ke benua amerika , walaupun pada saat bermimpi pun alif tidak tahu bagaimana menggapainya .
Yap .. Perjalanan Alif mengajukan beasiswa untuk ke kanada berlika liku, seru. Salah satu syarat nya ada pandai bernyanyi dan menunjukkan kesenian tradisional.
Suara alif itu jelek, jadi dia langsung disuruh berhenti o/ penguji ketika mulai menyanyi , tapi ia yakinkan penguji dg kata" berikut :
"saya mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang mempelajari teknik dan seni diplomasi antarbangsa. Dalam misi persahabatan dan diplomasi dengan negara lain, agar dihargai , negara kit harus memperlihatkan kemampuan yang terbaik di segala bidang. Indonesia punya banyak potensi untuk bisa sejajar bahkan unggul, dan sebaiknya tidak dibatasi hanya untuk performing art. Kalau hanya itu yang selalu kita usung ke luar negeri, di mata bangsa lain kita hanyalah bangsa penyanyi dan penari. Kita sesungguhnya juga bangasa pemikir dan pencipta yang ... "
*debatmasihpanjang*

akhirnya Alif bisa ke kanada . Wuiiih ?
How come?
Modal berani bermimpi nya itu yang ada ketika SMA di PM ?!
Man jadda wa jada + Man shabara Zafira !
Insya Alloh .. Bersungguh sungguh lalu bersabar ..

Man shabara zafiro = siapa yang bersabar akan beruntung .

perjuangan alif ini loh !? Meng inspirasi sekali :)

ada kata-kata dari alif fikri di puncak saint-raymond

hidupku selama ini membuat aku insaf untuk menjinakkan badai hidup, "mantra" man jadda wa jada saja ternyata tidak cukup sakti. Antara sungguh-sungguh dan sukses itu tidak besebelahan, tapi ada jarak. Jarak ini bisa hanya satu sentimeter, tapi bisa juga ribuan kilometer, jarak ini isa ditempuh dalam hitungan detik, tapi juga bisa puluhan tahun.
Jarak antara sungguh-sungguh dan sukses hanya bisa diisi sabar. Sbar yang aktif, sabar yang gigih, sabar yang tidak menyerah, sabar yang penuh dari pangkal sampai ujung yang paling ujung. Sabar yang bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan seakan-akan itu sebuah keajaiban dan keberuntungan. Padahal keberuntungan adalah hasil kerja keras, doa dan sabar yang berlebih-lebih.
Bagaimanapun tingginya impian, dia tetap wajibdibela habis-habisan walau hidup susah digelung oleh nestapa akut. Hanya dengan sungguh sungguhlah jalan sukses terbuka. Tapi hanya dengan sabarlah takdir itu terkuak menjadi nyata. Dan Tuhan selalu memilihkan yang terbaik dan paling kita butuhkan. Itulah hadiah Tuhan buat hati yang kukuh dan sabar.
Sabar itu awalnya terasa pahit, tetapi akhirnya lebih manis daripada madu. Dan alhamdulillah, aku sudah meneguk madu itu. Man Shabara Zafira. Siapa yang sabar akan beruntung .

*eh tapi ya , ada hadits nih
Nabi shalallahu 'alaihi wassalam bersabda :
"aku melepaskan diri dari setiap muslim yang tinggal bersama dengan orang-orang musyrik ..."
(diriwayatkan o/ abu dawud)
"barang siapa yang berkumpul dengan orang musyrik dan tinggal bersama maka ia akan sama seperti mereka " (diriwayatkan o/ abu dawud & at tirmidzi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review book : selimut mimpi

dicopy dari grahabuku.com ah disaat ide gue tuli seperti sekarang ini, rasanya sulit banget buat nge review ap yang udah gue baca walaupun cuma novel ... tapi yaudahlah gue coba .. selimut mimpi ini karyanya Abu Umar basyier... manda juga bingung ini itu buku Beliau yang keberapa :D jadi di buku ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama latifah, yang harus rela jadi TKW karena tuntutan ekonomi keluarga Latifah ini memiliki ibu dan bapak yang sakit-sakitan serta 3 orang adik , dua laki-laki dan satu perempuan. yap , benar sekali latifah adalah anak pertama . anak pertama ... bisa dibayangkan bagaimana tanggung jawabnya? jadi selama jadi TKW si latifah ini , sambil ikut kajian disana ... disinilah cerita di mulai ... hal - hal yang biasa dia lakukan bersama keluarganya di kampung , ternyata (setelah dia dapet ilmunya) adalah perbuatan yang sangat Alloh benci yaitu syirik[1] maka dengan ilmu yang ia ketahui dengan menjadi TKW selama 2 tahun di saudi arabia , l

project ,-

projectnya udah di kumpul di ruang A2 kemaren selasa 8 juni 2010 . nih projectnya :-------------> setelah hampir sebulan ini dan sekarang belum patungan juga lagi hehe ... jadi kadang kadang pas lagi beli apa pake uang sapa dulu gitu kalo nggak ipi ya manda ya ulan . catetan ada di manda sudah ditulis tinggal dilunasi :) hehe kita lega akhirnya udahan . jadi mikrin 2 taun kedepan gimana ya kalo skripsi *kebayang-bayang film 3 idiots, persahabatan mereka itu loh * repotnya , susahnya , punya temen2 kuliah yang super baik kayak ipi, ulan, dwi , linda , da temen 2 fisika di kelas lainnnya . juga kakak tingkat yang baik baik . penjaga lab nya juga baik hihi..  sampe tukang parkir di unj juga baik klo manda susah ngeluarin motor pasti dibantuin *yaeyalah pan emg tugas die tong!* manda jadi ter inspirasi nih buat baik ama adik tingkat sayangnya manda nggak ada yang kenal . gue pengen aja gitu bisa bantuin mereka , sayangnya gue nggak masuk bem dan bisa berkomunikasi ma mer

bikin cerita yang ada klimaknya

suatu harii .. waktu itu gue telat masuk kelas dan nggak ada bangku kosong dan tiba-tiba aja dia cowok yang pernah masih gue suka "nih nda .. " _dia_ langsung  diri dari bangku &  ngegeser bangku yang dia dudukin .. gue yang  masih di depan,dan  dia berada di belakang dan pada saat gue menuju ke belakang yang beda satu gang ama dia , jadinya dia ngoper ke temen yg deket ke arah gue waktu itu .. nah pada saat itu ada temen gue juga telat , dia nggak dapet tmpat duduk juga tiba-tiba aja bangku yang dioper ama orang yang gue pernah suka itu kan di tgn orang lain ya sekarang , dengan sangat menabjukkan orang lain itu malah ngasih ke temen gue yg telat barusan tersebut karena orang lain itu 'deket'nya ama temen gue yang telat itu .. ngerti nggak ? akhirnya gue nggak nerima bangku dari dia .. gue duduk di meja , jadi bingung klo inget cerita ini, seneng karena sikap sigap dia yang ngasih gue bangku dan sebel ama orang yang ngambill hak gue dari die .. hu