Langsung ke konten utama

Kurangi Insecure dengan Jurnal Syukur

Pernah ndak sih jadi Ibun itu insecure?

Jawabnya pernah, ini adalah kegundahan hatiku yang suka tiba-tiba muncul tidak jelas.

Kalau lihat anak-anak, masya Allah seneng, trus berpikir, Allah udah kasih anak-anak ini ke Ibun, trus cara aku mensyukurinya gimana ya? Aku udah bener belum ya mendidik mereka?

Kok aku gini-gini aja ya, ibu-ibu lain kelihatan hebat. Padahal aku Ibu rumah tangga yang di rumah aja, dikasih waktu lebih banyak sama Allah, udah bener belum ya memanfaatkannya. Dan seterusnya dan seterusnya yang ndak habis-habis. Jadi lebih capek jalanin hari-harinya kalau perasaan-perasaan tersebut ndak selesai.

Jadi kali ini aku mau sharing tentang kelas menjurnal yang pernah aku ikuti dengan alasan-alasan di atas tadi. Alhamdulillah, awal tahun ini, tepatnya akhir Desember 2021, aku ikutan kelas menjurnal sederhana. Oiya ini yang ngadainnya kakak kelas waktu SMA kecintaan aku. Sepekan sekali selama sebulan, Kami dapat empat materi.

Pekan pertama kita dapet tentang menjurnal itu sendiri & jurnal syukur.

• Apa itu menjurnal, macam²nya dan juga tantangannya.

• Bagaiamana setiap harinya kita menuliskan hal-hal minimal 3 untuk kita syukuri di pagi dan malam hari.

Karena jarak materi berikutnya sepekan, jadi dalam pekan pertama ini kita latihan membuat jurnal syukur. Kita juga jadi tahu karena praktek bikin jurnal syukur, kira-kira menjurnal seperti apa yang cocok dengan kita. Sharing jurnal syukur juga bikin kita sadar sama apa-apa yang perserta lain anggap 'nikmat' yang tenyata mungkin kita luput. Dan dapet saran dan masukan dari semuanya, masya Allah. 

Nah setelah berhasil sepekan menulis jurnal syukur,

lanjut ke pekan kedua, kita dapat template 'jurnal sederhana'

Jadi jurnal template yang harus diisi mengenai Visi misi keluarga kita. Biar ketika kita jalani hari-hari tuh ada pijakannya gitu mau dibawa kemana keluarga kita. Apa aja yang prioritas keluarga, biar ndak insecure sama pencapaian keluarga lain, karena keluarga kita tahu mau sedang berjalan ke arah mana kira-kira begitu. 

Abis itu dirinci lagi ke target tahunan/bulanan/pekanan.

● *VISI*

|

|

|

● *FOKUS KEGIATAN 1 TAHUN*

|

|

|

● *MIND MAP*

|

|

|

● *Prioritas Bulan ini*

|

|

|

● *Prioritas Pekanan* 

|

|


Nah, karena ini kelas ya, serunya kita bisa saling tanya gitu, diskusi ketika mentok mengisi templatenya, menyederhanakan semuanya, yang works di kita tuh yang mana. Karena lumayan kan ya namanya belum terbiasa buat rencana, jadi sebenernya runut gituloh ketika kita awalnya bikin visi misi pendidikan keluarga, nah jadi yang kita targetin ini mau apa? kita lihat lagi visi misi kita tadi. Dan membuat rencana itu juga ada istilah SMART ( spesifik, measureable(terukur), achieveable(yang bisa dicapai), relevan, time based(ada waktunya)).

Dan jurnal sederhana ini tidak dibuat setiap hari, makanya mungkin membuatnya lebih butuh banyak waktu tapi tetap sederhana, nah gimana tuh!Hehe

Pekan ketiga kita bahas soal bahagia menjurnal. Gimana akhirnya bisa bahagia ketika menjurnal.

Ka Catur sendiri, yang membuat kelas ini, akhirnya menemukan bahagianya dari proses menjurnalnya, makanya beliau ingin kami merasakan manfaatnya juga, jadilah kelas ini beliau buat. 

Ada dua hal yang membuat proses menjurnal ini langgeng/berjalan terus;

1. Alasan dan tujuan yang kuat

Nah ini harus kita gali sendiri, alasan jujur kita mulai menjurnal sekarang dan seterusnya. karena kalau jujur, insya Allah akan Allah sampaikan ke tujuan. Woohooo! Aamiin.

2. Manfaat yang kita rasakan dari mejurnal ini.

Katanya untuk orang-orang yang tipe love language nya word of affirmation cocok banget buat ngejurnal loh. Insya Allah terasa manfaatnya. Kayak ternyata dalam hari-hari ini kita udah dibantu apa aja ama Allah, dikasih nikmat apa aja ama Allah.

Nah dipekan ketiga ini masing-masing kita merenungi dan menuliskan alasan dan tujuan yang kuat kita dalam menjurnal agar ini langgeng tadi.

Pekan terakhir.

Kali ini kita dapet materi jurnal Refleksi,

Jadi kita menjawab empat pertanyaan dari kegiatan sebulan yang kita jalani.

1. Hal yang aku syukuri bulan ini

2. Hal istimewa yang terjadi pada anak-anak bulan ini

3. Paling bertumbuh bulan ini(hal baru yang dipelajari/dikuasai/dikembangkan)

4. Maju ke depan (kegiatan yang akan dilanjutkan/dihentikan/ditingkatkan)

Nah, dari pertanyaan² ini, insya Allah ke insecure an kita tertuangkan dan ternyata kita melakukan banyak hal, kita tahu salahnya dimana, atau momen² yang tidak kelewat lagi karena udah ditulisin.

Itu tadi cerita tentang kelas jurnal yang pernah aku ikutin. 

Hampir setahun, dari kelas menjurnal ini, Alhamdulillah banyak manfaat yang dirasain sama aku. Insecure yang kadang muncul itu, bisa ditepis dengan jurnal yang udah ditulis, ternyata udah mgelakuin ini itu, anak udah bgini begitu. Ka Catur selalu mengulang, ndak harus sama dengan template yang beliau tawarkan, bisa aja masing-masing kita cukup dengan to do list, karena kondisi masing-masing keluarga ndak selalu sama. Jadi siapa yang mau coba cari tahu tentang menjurnal ini?

Oiya, dalam kelas lalu, sempat disinggung soal mini habits tapi tidak dibahas rinci. Ternyata di bulan ini mau ada kelas tentang mini habits, masya Allah... Exicted~~~

‎اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ

Semoga Allah berikan banyak kebaikan, keberkahan untuk Ka Catur, Guru-Guru Ka Catur, keluarga Ka Catur dan orang-orang yang Ka Catur sayangi (ada aku ndak Ka?he…). Aamiin









Komentar

  1. Waaah kamu menuangkan testimoninya dengan lebih lugas dan fasih sisteuuur. Cakeppp!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review book : selimut mimpi

dicopy dari grahabuku.com ah disaat ide gue tuli seperti sekarang ini, rasanya sulit banget buat nge review ap yang udah gue baca walaupun cuma novel ... tapi yaudahlah gue coba .. selimut mimpi ini karyanya Abu Umar basyier... manda juga bingung ini itu buku Beliau yang keberapa :D jadi di buku ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama latifah, yang harus rela jadi TKW karena tuntutan ekonomi keluarga Latifah ini memiliki ibu dan bapak yang sakit-sakitan serta 3 orang adik , dua laki-laki dan satu perempuan. yap , benar sekali latifah adalah anak pertama . anak pertama ... bisa dibayangkan bagaimana tanggung jawabnya? jadi selama jadi TKW si latifah ini , sambil ikut kajian disana ... disinilah cerita di mulai ... hal - hal yang biasa dia lakukan bersama keluarganya di kampung , ternyata (setelah dia dapet ilmunya) adalah perbuatan yang sangat Alloh benci yaitu syirik[1] maka dengan ilmu yang ia ketahui dengan menjadi TKW selama 2 tahun di saudi arabia , l

project ,-

projectnya udah di kumpul di ruang A2 kemaren selasa 8 juni 2010 . nih projectnya :-------------> setelah hampir sebulan ini dan sekarang belum patungan juga lagi hehe ... jadi kadang kadang pas lagi beli apa pake uang sapa dulu gitu kalo nggak ipi ya manda ya ulan . catetan ada di manda sudah ditulis tinggal dilunasi :) hehe kita lega akhirnya udahan . jadi mikrin 2 taun kedepan gimana ya kalo skripsi *kebayang-bayang film 3 idiots, persahabatan mereka itu loh * repotnya , susahnya , punya temen2 kuliah yang super baik kayak ipi, ulan, dwi , linda , da temen 2 fisika di kelas lainnnya . juga kakak tingkat yang baik baik . penjaga lab nya juga baik hihi..  sampe tukang parkir di unj juga baik klo manda susah ngeluarin motor pasti dibantuin *yaeyalah pan emg tugas die tong!* manda jadi ter inspirasi nih buat baik ama adik tingkat sayangnya manda nggak ada yang kenal . gue pengen aja gitu bisa bantuin mereka , sayangnya gue nggak masuk bem dan bisa berkomunikasi ma mer

bikin cerita yang ada klimaknya

suatu harii .. waktu itu gue telat masuk kelas dan nggak ada bangku kosong dan tiba-tiba aja dia cowok yang pernah masih gue suka "nih nda .. " _dia_ langsung  diri dari bangku &  ngegeser bangku yang dia dudukin .. gue yang  masih di depan,dan  dia berada di belakang dan pada saat gue menuju ke belakang yang beda satu gang ama dia , jadinya dia ngoper ke temen yg deket ke arah gue waktu itu .. nah pada saat itu ada temen gue juga telat , dia nggak dapet tmpat duduk juga tiba-tiba aja bangku yang dioper ama orang yang gue pernah suka itu kan di tgn orang lain ya sekarang , dengan sangat menabjukkan orang lain itu malah ngasih ke temen gue yg telat barusan tersebut karena orang lain itu 'deket'nya ama temen gue yang telat itu .. ngerti nggak ? akhirnya gue nggak nerima bangku dari dia .. gue duduk di meja , jadi bingung klo inget cerita ini, seneng karena sikap sigap dia yang ngasih gue bangku dan sebel ama orang yang ngambill hak gue dari die .. hu