Langsung ke konten utama

Empat tahun pernikahan

Tahun 2014, seorang kakak tingkat satu jurusan menanyakan ke Saya lewat message facebook perihal apakah boleh dia bertemu dengan orang tua Saya, saat itu Saya langsung menjawab tidak boleh. Kami beda tiga angkatan, Saya 2008, dia 2005. Alasannya selain karena memang tak pernah ketertarikan padanya, Dia juga disukai teman sepermainan Saya.

Setahun berlalu dengan proses yang lumayan menaik turunkan emosi. Beberapa ada yang datang tapi tak jarang tak dipersilahkan masuk. Ada yang dipersilahkan masuk tapi tak sampai ke tujuan.Di titik inilah, Saya merasa bahwa jodoh bukan maunya Saya (saja) atau bahkan kami. Saat Saya merasa di titik kalau Alloh kehendaki saya dengen seseorang itu tidak jodoh mau berusaha sekeras apa juga hasilnya malah akan menyakitkan.

April 2015, dengan bekal sedikit pemahaman dan sedikit rasa sakit. Seorang kakak tingkat yang dulu, datang lagi untuk menanyakan hal yang sama dg pertanyaan setahun lalu. Dan kali ini Saya mencoba mepersilahkannya. Dan Alhamdulillah proses ini sampai pada pernikahan.

15 November 2015, Kami sah jadi suami istri. Kami bukan pasangan seperti Ali dan Fathimah yang memendam perasaan satu sama lain. Kami akhirnya menemukan setelah masing-masing melalui cerita masing-masing. Saya paham benar kalau dia melalui beberapa proses ta'aruf yang gagal. Dan Saya pun punya cerita lain juga. Dengan kondisi ini, Kami jadi paham bahwa masa lalu adalah bukan untuk terus dibahas. 
Alhamdulillah, Tak perlu menunggu lama Februari 2016 Saya sudah hamil. Sungguh ini bukan tolak ukur sebuah pasangan lebih baik dari pasangan lainnya, maksudnya untuk teman-teman yang menunggu buah hati, Moga Alloh terus kuatkan hatinya dalam kesabaran.

Tahun pertama pernikahan itu akhirnya bisa Kami lewati kalau diingat kok bisa ya terlewati. Saya yang belum bisa memasak dan uang bulanan yang bisa dibilang ngepas, ditambah masih ada arisan yang diikuti Saya dan suami. Subhanalloh.

Sejak umur kehamilan 6 bulan Saya sudah tidak mengajar di bimbel karena itu tahun ajaran baru. Jadi jadwal baru memang sudah tidak memasukan nama Saya sebagai pengajar.

Kami ikut arisan untuk biaya-biaya persalinan nanti. Tapi Kami banyak dibantu dari Orang Tua suami untuk perlengkapan bayi. Dan juga untuk aqiqah, Kami hanya menambahkan sedikit. Seiring berjalannya waktu dan penghasilan yang bertambah tiap tahun, Alhamdulillah udah bisa ngembaliin uang Aqiqah yang dulu ke Orang Tua. Karena ketika ada uang lebih langsung disisihkan buat ini.
Tahun kedua, kebutuhan anak masih bisa tercukupi, alhamdulillah. Tahun ini belum bisa menabung, karena sadar ngepas Kami memang tidak ada budget untuk jalan-jalan di Mall atau bahkan ke Pasar Malam kalo weekend. Karena saat ini Mu'adz masih kecil, jadi Kami sering jebol di keuangan karena naik grabcar untuk pergi kerumah orang tua. Ibun mulai sadar, menekan budget dengan semaksimal mungkin bisa masak setiap hari. 

Tahun ketiga, Kami sudah mulai bisa menabung dan memberikan sedikit ke Orang Tua tiap bulannya. Sedang sebelumnya hanya hari Raya dan akhir tahun. Suami termasuk yang pelit ke diri sendiri tapi baik ke orang. Orangnya pun bukan orang lain tapi orang tua Kami sendiri. Dan Saya dukung itu. Jadi walaupun belum punya apa-apa untuk kontrakan sendiri, biasanya suami ngeduluin Orang Tua kalau ada barang-barangnya yang rusak. Misal TV, HP, Mesin Cuci, Kulkas. Karena Saya terlalu percaya, kalau baik sama Orang Tua, Alloh bakal bantu keluarga ini. Dan di akhir tahun ketiga Alhamdulillah suami bisa beli Laptop keinginannya. 

Tahun keempat, Alhamdulillah karena dulu sudah menjalani masa-masa kekurangan jadinya sekarang dengan kondisi yang padahal mungkin sama dg orang kebanyakan, terasa lebih lapang aja. Dan kadang karena kurang disiplin sama tabungan yang dipunya, suami suka tetiba aja ganti gadget. Haha.
Dengan alasan reward untuk dirinya. Ya gapapa, biasanya abis itu Saya juga suka dibaik-baikin dibeliin gadget juga. Ndak ngumpul-ngumpul dah tabungannya. Trus suami juga tetiba suka beliin Saya sepatu baru, yang harganya 3 kali lipet dari harga sepatuku kalo pas single beli. Ah, gaya hidup Kami emang beda. Tapi nyaman sih tuh sepatu, Saya aja jadi pengen beli warna lain. Nahloh. Yha, kok jadi kemana mana bahasannya. 
Terima Kasih Ayah Adit udah ngajarin Ibun buat nabung. Ngajarin kalau tidur itu matiin lampu, harus hemat energi dan segala macamnya. Semoga motor listrik yang kamu inginkan beneran bisa terwujud dalam waktu dekat, untuk kebaikan Ibun juga kalo Ke Pasar, Kajian, beliin kamu makan, jalan-jalan sama Mu'adz.hehe.

Terima Kasih waktu itu udah datang nemuin Bapakku walau sebelumnya udah ditolak, Makasih udah ndak berhenti berjuang buat Ibun yang padahal rumahnya cuma di gang, dan sepatu kulitnya 100ribuan. (Kulit apaan itu Bun!) Hehe.

Jangan berhenti berjuang juga ya buat didik diri kita sendiri buat jadi lebih baik terooos setiap harinya. Buat ngasih tauladan ke anak kita,biar nanti mereka punya bekal yang cukup dan sekaligus Alloh tolong dalam setiap perbuatannya. Biar kita beneran bisa ngebentuk generasi rabbani seperti visi misi kita di CV pas kita ta'aruf. Bismillah. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review book : selimut mimpi

dicopy dari grahabuku.com ah disaat ide gue tuli seperti sekarang ini, rasanya sulit banget buat nge review ap yang udah gue baca walaupun cuma novel ... tapi yaudahlah gue coba .. selimut mimpi ini karyanya Abu Umar basyier... manda juga bingung ini itu buku Beliau yang keberapa :D jadi di buku ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama latifah, yang harus rela jadi TKW karena tuntutan ekonomi keluarga Latifah ini memiliki ibu dan bapak yang sakit-sakitan serta 3 orang adik , dua laki-laki dan satu perempuan. yap , benar sekali latifah adalah anak pertama . anak pertama ... bisa dibayangkan bagaimana tanggung jawabnya? jadi selama jadi TKW si latifah ini , sambil ikut kajian disana ... disinilah cerita di mulai ... hal - hal yang biasa dia lakukan bersama keluarganya di kampung , ternyata (setelah dia dapet ilmunya) adalah perbuatan yang sangat Alloh benci yaitu syirik[1] maka dengan ilmu yang ia ketahui dengan menjadi TKW selama 2 tahun di saudi arabia , l

project ,-

projectnya udah di kumpul di ruang A2 kemaren selasa 8 juni 2010 . nih projectnya :-------------> setelah hampir sebulan ini dan sekarang belum patungan juga lagi hehe ... jadi kadang kadang pas lagi beli apa pake uang sapa dulu gitu kalo nggak ipi ya manda ya ulan . catetan ada di manda sudah ditulis tinggal dilunasi :) hehe kita lega akhirnya udahan . jadi mikrin 2 taun kedepan gimana ya kalo skripsi *kebayang-bayang film 3 idiots, persahabatan mereka itu loh * repotnya , susahnya , punya temen2 kuliah yang super baik kayak ipi, ulan, dwi , linda , da temen 2 fisika di kelas lainnnya . juga kakak tingkat yang baik baik . penjaga lab nya juga baik hihi..  sampe tukang parkir di unj juga baik klo manda susah ngeluarin motor pasti dibantuin *yaeyalah pan emg tugas die tong!* manda jadi ter inspirasi nih buat baik ama adik tingkat sayangnya manda nggak ada yang kenal . gue pengen aja gitu bisa bantuin mereka , sayangnya gue nggak masuk bem dan bisa berkomunikasi ma mer

bikin cerita yang ada klimaknya

suatu harii .. waktu itu gue telat masuk kelas dan nggak ada bangku kosong dan tiba-tiba aja dia cowok yang pernah masih gue suka "nih nda .. " _dia_ langsung  diri dari bangku &  ngegeser bangku yang dia dudukin .. gue yang  masih di depan,dan  dia berada di belakang dan pada saat gue menuju ke belakang yang beda satu gang ama dia , jadinya dia ngoper ke temen yg deket ke arah gue waktu itu .. nah pada saat itu ada temen gue juga telat , dia nggak dapet tmpat duduk juga tiba-tiba aja bangku yang dioper ama orang yang gue pernah suka itu kan di tgn orang lain ya sekarang , dengan sangat menabjukkan orang lain itu malah ngasih ke temen gue yg telat barusan tersebut karena orang lain itu 'deket'nya ama temen gue yang telat itu .. ngerti nggak ? akhirnya gue nggak nerima bangku dari dia .. gue duduk di meja , jadi bingung klo inget cerita ini, seneng karena sikap sigap dia yang ngasih gue bangku dan sebel ama orang yang ngambill hak gue dari die .. hu